>>

12 October, 2013

Perbedaan Penglihatan Manusia Dengan Hewan Hewan Lainnya

Semua Makhluk hidup(Animalia) Pasti memiliki Mata , tapi tahukah anda setiap mata memiliki penglihatan yang berbeda beda , berikut ulasannya
1.Anjing

Anjing hanya bisa melihat warna cokelat, kuning dan biru. Anjing memiliki penglihatan dengan area yang lebar.
Berikut perbandingan penglihatan manusia dan anjing
2.Kucing
Kucing memiliki kelopak mata bagian dalam sebagai perlindungan. Kucing hanya bisa melihat warna cokelat, kuning dan biru.

Berikut perbandingan penglihatan manusia dan kucing


3.Burung
Burung bisa melihat cahaya UV (manusia ga bisa gan liat cahaya UV )
Berikut perbandingan penglihatan manusia dan burung

Otot-otot di mata burung fokus pada titik tertentu

4.Lalat
Lalat memiliki ratusan hingga ribuan lensa mata yang berukuran kecil. Seperti burung, lalat juga memiliki kemampuan melihat cahaya UV. Penglihatan lalat dihasilkan dalam bentuk gerakan lambat.
Berikut perbandingan penglihatan manusia dan lalat


5.Ular
Keunikan mata ular adalah saat malam hari dan keadaan gelap, ular mampu melihat dengan mengandalkan detektor suhu/kalor/panas dari benda-benda di de sekitarnya (jadi seperti night vision gitu gan )
Berikut perbandingan penglihatan manusia dan ular


6.Hiu
Hiu mampu melihat dengan jelas di dalam air (mata manusia gak mampu gan ). Tapi, parahnya mata hiu gak bisa mendeteksi/mengenal warna, jadi hitam putih gitu
Berikut perbandingan penglihatan manusia dan hiu

7.Ikan
Ikan dianugerahi mata yang hanya bisa melihat warna merah, hijau dan biru (masih lebih beruntung dibandingkan dengan hiu ). Sebagai kelebihan yang diberikan Tuhan, ikan mampu melihat cahaya UV. Yang hobi fotografi pasti ngerti gimana pemandangan yang dihasilkan lens ikan (fish eye : efek cembung)
Berikut perbandingan penglihatan manusia dan ikan


8.Tikus
Nah, mata tikus ini yang paling unik, tiap mata tikus (kiri & kanan) mampu bergerak dan melihat secara terpisah (liat video aje gan biar lebih jelas ). Sama seperti lalat, tikus melihat dengan efek gerak lambat. Udah gitu, diperparah dengan hasil yang kabur/blur dan tidak bisa melihat warna merah.
Nih gan, ane kasi gambar tikus buat yang belom pernah liat tikus

Berikut perbandingan penglihatan manusia dan tikus












0 comments:

Post a Comment