>>

10 October, 2013

8 Tempat Pemandian Air Panas Terkenal di Indonesia

Pemandian air panas alami banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh travelers, terutama untuk kesehatan kulit dan juga refleksi bagi ketegangan tubuh. Kolam pemandian air panas menjadi wisata yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga besar, termasuk anak-anak. Pada umumnya pemandian air panas alami terletak di sebuah wisata alam yang sejuk dan dikelilingi oleh hijaunya pemandangan alam. Tempat yang pas untuk melepas lelah di akhir Minggu. Dimana bisa menemukan pemandian air panas?


1. Pemandian Air Panas Banyuwedang, Pulau Bali

Dengan suhu rata-rata 40 derajat celcius, air panas Banyuwedang memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama penyakit kulit. Merupakan salah satu sumber air panas terbesar, tepatnya berada di kawasan Taman Nasional Bali Barat. Tersedia juga ruangan berendam yang private dan tertutup, nyaman untuk travelers. Liburan ke Bali, mampir ke sini yuk…

2. Pemandian Air Panas Tirta Sanita, Bogor
Pemandian air panas ini berlokasi di Desa Ciseeng, Parung dan berjarak sekitar 45 menit dari pusat kota Bogor. Dilengkapi dengan fasilitas rekreasi alam seperti outbound, tempat makan, dan juga penginapan. Tiket masuk juga bersahabat untuk kantong travelers, sekitar Rp. 8rbuan saja untuk merasakan sensasi berendam air hangat di kolam alami. Pemandangan sekitarnya juga pas buat refreshing, pendakian Gunng Kapur, panorama hijau dan menyegarkan, serta udara yang sejuk dan fresh.

3. Pemandian Air Panas Ciparay, Bogor
Masih di skitar Bogor, kolam air panas Ciparay di Gunung Salak ini memang cukup sulit untuk ditemukan. Lokasi tepatnya berjarak 5 km dari gerbang utama Wisata Gunung Bunder. Perlu sedikit usaha untuk sampai ke kolam air panas, travelers harus menuruni 400 anak tangga terlebih dahulu. Panorama yang indah dan pepohonan hijau yang menyegarkan membuat tubuh serasa rileks. Dan tepat di samping kolam, terdapat Sungai Cikuluwung yang berair bersih dan dingin. Sayangnya tidak banyak tersedia penjual makanan, hanya tersedia warung kecil penjual mie atau kopi panas

4. Pemandian Air Panas Guci, Tegal, Jawa Tengah
Air panas memang membuat otot-otot tubuh serasa lebih lentur dan rileks, selain bagus untuk kesehatan kulit. Terdapat banyak pancuran untuk mandi air panas dan kolam renang di pemandian air panas GUCI. Travelers juga bisa menikmati berendam air panas yang private di 20 kamar tertutup. Terdapat fasilitas untuk outbound, wana wisata dan bisa melakukan pendakian ke bukit perkasa. Wisata naik kuda juga bisa travelers nikmati disini. Lengkap dengan penginapan dan villa, serta rumah-rumah penduduk yang disewakan. Menikmati kebun strawberry, wortel, dan kubis juga ada di wisata GUCI

5. Pemandian Air Panas Baturaden, Jawa Tengah
Sejuk, refreshing, hijau dan menyegarkan, semua ada di Pemandian Air Panas Baturaden. Berada di sebelah selatan kaki Gunung Slamet, berjarak sekitar 14 km saja dari kota Purwokerto. Suhu cukup dingin berkisar 18 derajat Celcius. Selain sumber air panas, travelers juga bisa berwisata ke goa aam dan beberapa air terjun cantik di sekitarnya. Travelers bisa menikmati air panas di Pancuran Pitu dan Pancuran Telu yang mengandung banyak belerang, bahkan tersedia juga jasa pemijatan belerang di Baturaden. Pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima, karena banyak wisata alam cantik yang sayang jika tidak dijelajahi di area Pemandian Air Panas Baturaden.

6. Pemandian Air Panas Cangar, Batu, Malang
Pemandian air panas alami di kota Batu Malang, Cangar, lokasi tepatnya di kelurahan Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, kota Batu. Terletak di lokasi yang cukup tinggi dan sejuk, pemandangan alam sekitar yang hijau dan masih alami, kolam air panas juga mengandung banyak belerang yang baik untuk kesehatan kulit. Sumber mata air panas cangar berasal dari Gunung welirang, sebuah gunung yang menghasilkan belerang. Untuk perjalanan menuju cangar melalui kota Batu, travelers akan melewati jalan yang berkelak-kelok dengan suguhan pemandangan yang hijau seperti pertanian dan perkebunan sayur dan buah-buahan, berlatar belakang pegunungan.

7. Pemandian Air Panas Ciater, Bandung
Pemandian air panas sari ater atau ciater, tempat wisata favorit di daerah Subang. Tidak sekedar pemandian air panas tetapi panorama indah berlatar belakang Gunung Tangkuban Perahu menjadi tertata apik dan cantik. Fasilitas juga lengkap, tersedia bungalow, area bermain, water slider, serta fasilitas makan dan minum, cocok untuk wisata keluarga.

8. Pemandian Air Panas Suban, Bengkulu
Pemandian air panas di Suban, Bengkulu ini dilengkapi juga dengan wisata air terjun yang jernih dan cantik dengan tinggi sekitar 90m. Lokasi di jalan Negara cukup mudah dijangkau dengan kendaraan roda 4 maupun roda 2. Lokasi wisata favorit untuk masyarakat Bengkulu.

0 comments:

Post a Comment