>>

01 November, 2013

Mengenal Simbol Simbol yang Berada di Kemasan Wadah Plastik

Pastii pernah dong liat simbol-simbol beginian di Makanan / Kemasan wadah lainnya . Nah kali ini gue bakal share tentang simbol-simbol tersebut . CEKIDOOOT !

1. Simbol PET/PETE (Polythylene Terephthalate)

Biasa terdapat pada botol plastik transparan, spt pada kemasan air minuman yang siap diminum. Kemasan dgn simbol seperti ini hanya boleh digunakan sekali pakai, tidak boleh diisi ulang apalagi pakai air panas, karena bisa mengeluarkan zat karsinogenik yang bisa memicu penyakit kanker.

Ane sering nih sewaktu kecil make ulang nih botol yang ada simbolnya kaya gitu. setelah ane tahu apa efeknya ya ane tinggalin

2. HDPE (High Density Polythylene)

Biasa terdapat pada botol berwarna putih susu, juga biasa digunakan untuk air minuman galon, kursi palstik, atau kemasan susu jika pada kemasan pangan. Jenis plastik ini juga hanya boleh dipakai sekali sebagai kemasan pangan.


3.V atau PVC (Polyvinyl Chloride)

Menunjukan plastik yang sulit didaur ulang, misalnya: plastik pembungkus. Kandungan plastik ini bisa lumer dan bercampur pada makanan pada suhu -15 derajat celcius, akibatnya muncul kerusakan hati dan ginjal.

4.LDPE (Low Density Polythylene)

Biasa digunakan untuk pembungkus makanan dan plastik kemasan, teksturnya terasa lembek atau lentur. plastik kemasan pangan dengan dengan kode ini cukup aman digunakan. Barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan, tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.

5.PP (Polypropylene)

Jenis yang aman dipakai sebagai kemasan pangan yang diisi-ulang, bentuk aslinya berwarna transparan, bening, dan tembus pandang. Pilihan terbaik dan aman untuk bahan plastik, terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi.


6. PS (Polystyrene)

Kemasan plastik berjenis ini misalnya styrofoam yang biasa dipakai sebagai kemasan pangan sekali pakai. Elemen plastik ini bisa bercampur dengan makanan jika suhunya panas, plastik ini berbahaya bagi otak dan sistem syaraf. Bahan ini harus dihindari, karena selain berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, dan pertumbuhan dan sistem syaraf, juga karena bahan ini sulit didaur ulang.


7.Other
kode 7 ini bisa ada 4 macam, yakni :
--SAN (styrene acrylonitrile)
--ABS (acrylanitrilr bitadiene styrene)
--PC (polycarbonate)
--Nilon
Plastik ini biasa digunakan untuk tempat makanan dan minuman, alat-alat rumah tangga, komputer, dan lainnya. Plastik dengan kode 7 SAN dan ABS ini baik dan aman digunakan untuk makanan atau minuman. Hanya saja, untuk kode PC sebaiknya tidak digunakan untuk makanan dan minuman karena bisa mengeluarkan zat yang berbahaya.

0 comments:

Post a Comment