>>

24 December, 2013

Pemberian Nilai Tidak Adil ? Siapa yang Salah ?

Akhir-akhir sering terdengar pemberian nilai tidak adil ? Mengapa bisa tidak adil ? apakah ada "sesuatu" dibalik dibuatnya nilai itu , oke sekarang disini gue bakal bercerita tentang sistem pemberian nilai disekolah yang terkadang tidak adil . Mengapa saya bilang tidak adil ? Misal murid yang cenderung sering maju atau aktif dikelas , dan ada murid yang tidak mau tahu atau tidak aktif dikelas . Tetapi setelah pembagian rapor setelah di check nilai murid yang tidak aktif dikelas ini lebih tinggi dibandingkan nilai yang aktif dikelas.Coba saja anda pikir bagaimana perasaan anak yang rajin tersebut ? , saya sendiri masih heran dengan sistem pemberian nilai oleh para guru . Mengapa hal ini bisa terjadi ? apakah nilai keseluruhan 1 semester hanya ditentukan oleh ujian semester ? atau adakah pihak-pihak yang bermain ? dengan sengaja memberikan "gift" terhadap guru bidang study atau wali kelas untuk mendapatkan nilai yang baik ? , sunggu hal ini tidak adil . saya sendiri merasa kecewa setelah pembagian rapor tadi , tapi mau berbuat apa lagi . biarkanlah waktu yang menentukan kualitas dirimu .

Apakah akhlak dipertimbangkan untuk menentukan ranking dikelas ? oh ternyata tidak , ini kejadian sebenarnya yang ada dikelas saya , teman saya yang sifatnya baik , ramah , sopan santun , pintar dan rajin bila disuruh guru ternyata ranking dibawah oleh teman saya yang bisa dibilang akhlaknya kurang baik .

Saya disini berharap agar pemberian nilai bisa dilakukan dengan adil oleh guru-guru bidang study , jangan asal memberi nilai dengan siswa yang "tidak pantas " mendapatkannya .

0 comments:

Post a Comment