>>

28 July, 2012

Tips Agar AC Mobil Tetap Dingin Saat Lebaran





Jakarta - Ritual mudik Hari Raya Lebaran dalam waktu dekat akan berlangsung. Momentum ini tentu tak akan dilupakan, terlebih bagi pemudik yang hendak pulang ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi.

Nah, meski sudah menjadi ritual tahunan tentu hal sepele seperti servis mobil jangan dilupakan. Setelah segalanya dipastikan baik, satu hal yang terpenting adalah air conditioner (AC) kendaraan. Jangan bikin acara mudik kita jadi kurang nyaman karena AC kendaraan kurang dingin.

detikOto ingin berbagi tips merawat AC mobil agar tetap dingin. Caranya cukup mudah, hanya memperhatikan 3 komponen. Komponen-komponen tersebut sangat fatal akibatnya jika tidak dapat perhatian khusus, dan yang mengakibatkan AC kendaraan tidak dingin.

1. Selalu cek filter AC di kabin penumpang. Ganti filter AC 6 bulan sekali.

"Paling gampang untuk menjaga AC adalah filternya. Kalau ini tidak dibersihkan akan menimbulkan bakteri dari kotoran yang mengendap di filter AC. Dan ada pengeruh kesehatan karena hembusan angin tersebut akan kita hisap, tentu banyak bateri dan tidak sehat," kata Manager After Market Car AC Dept PT Denso Sales Indonesia (DSIA), Reinard Winardi kepada detikOto.

"Cara membersihkannya cukup mudah. Dikibas ke udara. Jangan direndam dan diketok karena akan merusak material filter AC," ucapnya.

2. Cek kondisi evaporator.

Komponen tersebut juga penentu agar AC kendaraan tetap sejuk. Untuk evaporator, kita harus membersihkannya setiap selama 6 bulan. Pihak Denso menyarankan cara membersihkan komponen tersebut dengan cara disemprot air bersih. Seketika kotoran yang menempel pada evaporator akan lepas.

"Ini juga harus selalu di cek. Evaporator ini cukup kuat, tapi tergantung penggunaan. Bersihkan 6 bulan sekali. Tidak perlu ganti baru hanya cuci saja. Jika Anda kesulitan bersihkan evaporator, serahkan pada bengkel terpercaya," saran Reinard.

3. Dan yang ketiga adalah kondensor. Kalau mobil sedan, alat tersebut terdapat di depan mobil. Dan juga penentu dingin atau tidaknya AC kendaraan. So, jangan sangka karena freon AC berkurang. Pasalnya jika tidak ada kebocoran maka freon tidak akan berkurang.

"Setelah semuanya bersih, jangan lupa perhatikan kondensor. Ini (kondensor) harus dibersihkan dengan cara disemprot air. Lakukan setiap kita cuci mobil. Itu lebih baik," ucapnya.

"Freon tidak akan berkurang kalau tidak ada yang bocor. Jadi AC tidak dingin banyak penyebabnya," tutuupnya.

Promo Denso Hari Raya Lebaran

PT Denso Sales Indonesia (DSIA) menggelar program perawatan air conditioning (AC) mobil bertajuk "Denso Close to You - Cool Promo" berlangsung mulai 27 Juli hingga 11 Agustus 2012 mendatang di 12 bengkel resmi AC Denso.

Program ini ditujukan bagi pengguna mobil di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Kondisi AC mobil akan dicek seperti meliputi tekanan dan sirkulasi refrigerant, kompressor, blower yang memakan waktu 15 menit.

"Ini untuk menyambut musim mudik lebaran," kata Direktur DSIA, Bambang Wiyono di Jakarta.


Sumber

0 comments:

Post a Comment