>>

13 May, 2017

Trik Menabung Paling Ampuh , Ayo Menabung dari sekarang !



Hasil gambar untuk menabung meme

Menabung , seringkali kita mendengar kata menabung yak , menabung adalah kegiatan dimana kita menyisihkan uang kita untuk keperluan yang mendatang . bagaimana sih tips nya agar dapat menabung yang efektif ? nih cara menabung yang tepat menurut saya ;

1.Harus memiliki niat yang kuat 

Niat merupakan hal yang utama harus dimiliki untuk menabung , kita sering sekali tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan karena niat untuk menabung itu lebih kecil dibandingkan dengan niat untuk berbelanja , pasti pernahkan tergoda buat beli barang-barang yang diinginkan bukan dibutuhkan ? , nah niat yang kuat inilah yang menjadi dinding kita agar bisa menahan emosi untuk berbelanja .

2.Memiliki keinginan untuk memiliki suatu benda.

Pasti pernah dibenak untuk memiliki benda yang benar-benar kita inginkan akan tetapi harganya terlalu mahal , nah jadikan keinginan tersebut untuk menjadi target untuk kita termotivasi untuk menabung , misal nih : Budi menginginkan membeli Sepeda Motor , akan tetapi uang yang dimilikinya tidak cukup , nah disinilah Budi berusaha untuk menabung mengesampingkan keinginannya untuk membeli baju dan sepatu baru.

3.Rutin

Nah ini yang menjadi hal terpenting , terkadang kita menabung dikarenakan mood-nya pengen nabung saja , akan tetapi jika kita menjadikan menabung menjadi Habbit , kebiasaan yang terus menerus maka menabung tidak menjadi beban lagi . Rutin bukan berarti menabung 50rb sehari atau 20rb sehari , jadikan kesempatan setiap hari itu untuk menabung , sisihkan uang yang kita inginkan untuk menabung . Maka hal itu akan menjadi aktivitas rutin yang akan kita lakukan setiap hari, sedikit-sedikit maka akan menjadi bukit bukan ?

4.Kalo mau belanja harus melihat harganya berapa

Kalo mau belanja harus liat harganya emang pantas ga kita beli barang tersebut ? , maksudnya ialah anda harus dapat membandingkan harga suatu barang dengan barang yang lain sesuai dengan fungsi dan kegunaannya , jangan malu untuk menggunakan barang yang tidak memiliki brand terkenal  , asalkan memiliki fungsi dan kegunaan yang sama .
contoh : Baju harga 300rban , ya pasti kita harus bisa membandingkan kan Worth it  ga sih ketika kita beli baju harga mahal segitu tetapi tabungan kita masih sedikit? sedangkan kita memiliki target barang yang ingin kita beli . yang mending si Budi tadi beli baju yang 50rban lah 250rb nya ditabung buat beli Motor :D

5.Catat tabungan anda tiap bulan 

Jadi setiap bulan anda mencatat berapa sih yang udah ditabung dalam bulan ini , kita bandingin dengan bulan lalu . jangan tabungan bulan ini lebih sedikit daripada tabungan bulan lalu . hindari menggunakan celengan . untuk menghindari rasa penasaran kita untuk membuka celengan tersebut . lebih baik kita menyediakan suatu tempat untuk menabung dan mengetahui jumlah pasti di tabungan tersebut.


2 comments: